Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) - Diah Pramudita

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) - Diah Pramudita
  • Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) oleh Diah Pramudita

    Inilah cara memasak Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih). Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) yang dibuat oleh Diah Pramudita bisa jadi 16 bola besar.



    resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih)


    Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih)


    Porsi: 16 bola besar

    Bahan-bahan

    1. 150 gram tepung ketan
    2. 25 gram tepung beras
    3. 1/3 gula merah
    4. 1/4 kelapa parut
    5. 1/2 sdt garam
    6. 1 sdt pasta pandan
    7. secukupnya air

    Cara Membuat

    1. Berikan 1/2 sdt garam kedalam parutan kepala agar rasanya menjadi lebih gurih (parutan kelapa juga bisa dikukus agar tahan lama (tidak cepat basi), namun karena saya langsung buat dan dimakan, jadi tak perlu di kukus lagi). Potong gula merah dengan bentuk dadu atau diiris-iris. Campurkan tepung beras dan ketan lalu berikan pasta pandan. Uleni sampai adonan bisa dipulung (jangan terlalu keras dan lembek)

    2. Ambil sedikit adonan di telapak tangan, tekan-tekan sampai agak pipih tapi jangan terlalu tipis agar saat di bulat atau dibentuk menjadi bola, gula merahnya tidak keluar. (Karena baru pertama kali buat, jadi bolanya kebesaran. Usahain buat bolanya kecil aja ya hehe, karena nanti bolanya ngembang pas direbus)

    3. Panaskan air sampai mendidih lalu cemplung adonan bola klepon ke dalam air mendidih. Tunggu sampai adonan bola klepon mengapung. Setelah mengapung, tunggu sampai sekitar 5 menit lagi. Lalu tiriskan adonan bola klepon pada parutan kelapa, gelindingkan adonan bola klepon pada patutan kelapa sampai tercampur rata. (Sebaiknya selagi membentuk bola klepon air telah mendidih. Sehingga, setelah adonan klepon telah menjadi bola langsung dicemplung dalam air mendidih)

    4. Letakkan pada piring yang telah disediakan

    5. Klepon (tanpa kapur sirih) pun siap untuk dinikmati! Haphaphap




    Demikianlah tadi Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih), Semoga anda menyukainya.Untuk mencari resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami lebih dari satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) - Diah Pramudita diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Klepon/Onde-onde (Tanpa Kapur Sirih) - Diah Pramudita dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2015/01/resep-klepononde-onde-tanpa-kapur-sirih.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.