Resep Nasi Tim Ayam Kiriman dari Miss.afifah

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Nasi Tim Ayam Kiriman dari Miss.afifah
  • Resep Nasi Tim Ayam oleh Miss.afifah

    Berikut ini resep Nasi Tim Ayam. Resep Nasi Tim Ayam yang dibuat oleh Miss.afifah dapat disajikan 6 Cup/porsi.



    cara membuat Nasi Tim Ayam


    Resep Nasi Tim Ayam


    Porsi: 6 Cup/porsi

    Bahan-bahan

    1. 300 gr Dada ayam
    2. 500 gr Nasi (disesuaikan kebutuhan)
    3. 2 siung Bawang putih
    4. 4 siung Bawang merah
    5. 1/2 buah bawang bombai (ga pake krn dirumah abis stoknya)
    6. 1 ruas jari Jahe
    7. 1 buah Brokoli
    8. 3 butir Telur ayam
    9. 1 buah Wortel
    10. 1/2 batang Daun bawang
    11. Bumbu Ayam :
    12. 1,5 sdm saus tiram
    13. 2 sdm kecap manis
    14. 1 sdt minyak wijen
    15. secukupnya Garam
    16. secukupnya Gula pasir
    17. secukupnya Lada bubuk
    18. Bumbu untuk kuah :
    19. 2 siung bawang putih
    20. 2 siung bawang merah
    21. secukupnya Lada bubuk
    22. 1/2 batang daun bawang
    23. Batang seledri secukupnya
    24. secukupnya Kaldu bubuk rasa ayam
    25. secukupnya Garam
    26. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
    27. 600 ml air

    Cara Membuat

    1. Rebus telur hingga matang, jangan lupa tambahkan sedikit garam di air rebusan telur.

    2. Potong-potong brokoli, wortel, ayam, lalu sisihkan. Iris tipis bawang merah, bawang putih baik untuk kuah maupun untuk menumis ayam. Potong dadu bawang bombai.

    3. Buat bumbu rendaman ayam : masukan semua bumbu kedalam wadah berisi potongan ayam lalu aduk rata dan diamkan selama 15 menit.

    4. Rebus air hingga mendidih. Tumis bawang merah dan putih untuk buat kuah. Masak hingga harum, lalu masukan lada bubuk agar lada matang dan semakin wangi. Lalu masukan kedalam air yang sudah mendidih. Lalu tambahkan irisan daun bawang dan seledri. Tambahkan kaldu bubuk rasa ayam, garam lalu tes rasa. Kuahnya memang seperti kuah sup sayur. Karena aku suka banget makan nasi tim yg ada kuahnya. Jadi sekalian aja dibikin yang enak.

    5. Setelah 15 menit keluarkan ayam dari kulkas. Tumis daun bawang hingga agak layu, lalu masukan bawang merah dan bawang bombay tumis hingga harum. Lalu masukan bawang putih masak hingga bawang putih berwarna kecoklatan. Masukan jahe lalu aduk. Masukan wortel aduk-aduk sebentar. Lalu masukan ayam berserta rendamannya, aduk rata lalu tambahkan air secukupnya untuk matangkan ayam dan wortelnya. Jangan lupa tes rasa ya jika kurang berasa bisa tambahkan bumbu sesuai selera. Lalu masak hingga matang.

    6. Siapkan cup aluminium foil. Potong telur jadi 2, lalu letakan ditengah cup. Masukan tumisan ayam hingga bagian bawah cup tertutupi. Lalu tambahkan nasi. Difoto aku pake nasi campur (merah + putih) dipadetin ya nasinya biar pas dikeluarin dari cup ga ambyar. Lakukan hingga tumisan ayam habis atau secukupnya.

    7. Siapkan kukusan. Tambahkan sedikit kuah yang tadi sudah kita buat. Tujuannya agar nasi lembab dan tambah berasa. Tata juga brokoli dalam cup aluminium foil. Kukus nasi berserta brokoli selama 10 menit. Tidak perlu lama karena semua bahan nasi tim sudah matang kecuali brokoli. Setelah 10 menit angkat dan siap disajikan dengan kuah.

    8. Tips 1 : kenapa tadi pas membuat tumisan ayam aku masukin daun bawang dulu? Aku pernah nonton acara masak korea. Mereka bilang kalau masakan yang ditumis akan terasa enak jika menggunakan minyak daun bawang sebagai minyak tumisan. Setelah aku coba lumayan menambah cita rasa loh.

    9. Tips 2 : kenapa lada bubuk ikut di tumis? Karena hal itu akan membuat lada bubuk matang, dan mengeluarkan aroma yang harum dan rasanya juga jadi lebih enak dibandingkan jika dimasukan terakhir. Selamat mencoba semoga suka sama resepnya




    Demikianlah Resep Nasi Tim Ayam, Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.Untuk menemukan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan lebih dari satu juta resep yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Nasi Tim Ayam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Nasi Tim Ayam Kiriman dari Miss.afifah diatas pada kategori resep berikut ini
     

    Anda sedang membaca Resep Nasi Tim Ayam Kiriman dari Miss.afifah dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2015/12/resep-nasi-tim-ayam-kiriman-dari.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.