Resep Kering tempe kacang renyah

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Kering tempe kacang renyah
  • Resep Kering tempe kacang renyah oleh Nina Nurjanah

    Dibawah ini adalah resep masakan Kering tempe kacang renyah. Resep Kering tempe kacang renyah yang dishare oleh Nina Nurjanah dapat disajikan .



    cara membuat Kering tempe kacang renyah


    Resep Kering tempe kacang renyah


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 600 gr tempe
    2. 100 gr kacang mede (mentah) /kacang tanah
    3. 2 cm jahe, memarkan
    4. 2 cm lengkuas, memarkan
    5. 3 lembar daun salam, sobek kasar
    6. 80 gr gula merah, sisir halus
    7. 1 sdm kecap manis
    8. 1 biji asam jawa
    9. 3 sdm minyak untuk menumis
    10. Garam
    11. 3 siung bawang merah, cincang halus
    12. 2 siung bawang putih, cincang halus
    13. 3 cabai merah keriting, cincang halus
    14. 2 cabai rawit oren, cincang halus

    Cara Membuat

    1. Siapkan kacang mede (bisa di ganti kacang tanah). Goreng kacang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong-potong kasar.
    2. Iris tipis tempe dan potong panjang korek api (semakin tipis maka akan semakin mudah kering). Goreng potongan tempe dalam minyak yang banyak hingga garing, kering dan renyah (gunakan api sedang). Aduk-aduk saat menggoreng agar kering merata. Angkat, tiriskan.
    3. Siapkan wajan, tumis bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, lengkuas, daun salam hingga bumbu dan rempah mengering. Gunakan api kecil saat menumis bumbu, aduk aduk selama menumis agar tidak gosong. (Bumbu yang kering akan membuat kering tempe tidak melempem). Tambahkan minyak jika bumbu mudah gosong.
    4. Masukkan gula, garam, kecap manis, asam Jawa dan air 50ml. Aduk dan masak dengan api kecil hingga tumisan mengental, dan gula meleleh. Masukkan kacang dan tempe kering, aduk rata dengan cepat. Koreksi rasa, sesuaikan rasa asinnya. Angkat.
    5. Selamat mencoba. ??
    6. Tips: Gula bisa di tambahkan menjadi 100gr jika yang suka manis, cuma menurut saya pakai 80gr gula juga sudah cukup. Gula yang kurang akan membuat tempe kurang terbalut bumbu dengan baik, dan membuat tempe mudah melempem.



    Itulah tadi Resep Kering tempe kacang renyah, Mudah-mudahan berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Kering tempe kacang renyah diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Kering tempe kacang renyah diatas pada kategori resep berikut ini
       

    Anda sedang membaca Resep Kering tempe kacang renyah dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2016/02/resep-kering-tempe-kacang-renyah.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.