Resep Pepes Tongkol Mangga Muda Kiriman dari ?? Erysa Sofia Bachtiar

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Pepes Tongkol Mangga Muda Kiriman dari ?? Erysa Sofia Bachtiar
  • Resep Pepes Tongkol Mangga Muda oleh ?? Erysa Sofia Bachtiar

    Berikut ini adalah cara memasak Pepes Tongkol Mangga Muda. Resep Pepes Tongkol Mangga Muda yang ditulis ?? Erysa Sofia Bachtiar cukup untuk 12 porsi.



    gambar untuk resep Pepes Tongkol Mangga Muda


    Resep Pepes Tongkol Mangga Muda


    Porsi: 12 porsi

    Bahan-bahan

    1. 24 seset ikan tongkol ukuran sedang
    2. 15 bh cabai besar
    3. 10 bh cabai rawit
    4. 3 btr kemiri
    5. 2 bh tomat mengkal
    6. Kunyit seruas kelingking
    7. 10 lembar daun jeruk, sobek kasar
    8. 1 sdt garam
    9. 2 sdm gula
    10. 1 bks penyedap rasa (saya pakai royco ayam)
    11. secukupnya Minyak goreng
    12. secukupnya Daun pisang
    13. Semat lidi secukupnya
    14. 8 bh belimbing wuluh
    15. 1 mangga muda, parut dengan serutan blewah

    Langkah

    1. Cuci bersih ikan tongkol. Sisihkan.

    2. Haluskan bumbunya, cabai besar, cabai rawit, kemiri, tomat, kunyit, daun jeruk, garam, gula dan penyedap rasa, tambahkan sedikit air dan minyak goreng. Blender hingga setengah kasar. Cicipi rasanya. Bila sudah gurih dan enak, masukkan ikan tongkol. Biarkan terendam bumbu sejenak.

    3. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan. Tata 2 seset tongkol, beri bumbu halusnya, tambahkan irisan belimbing wuluh dan serutan mangga. Gulung dan bungkus, sematkan dengan lidi. Lakukan hingga habis.

    4. Panaskan panci kukusan, masukkan bungkusan pepes ke dalamnya. Masak hingga matang. Kurang lebih 15-30 menit. Bila ingin bumbu lebih meresap. Setelah dikukus, bakar pepes diatas api kecil hingga daun berubah warna. Angkat, letakkan pada piring saji.

    5. Pepes siap disajikan. Lebih nikmat bila disanding bersama nasi hangat. Gurih pedas asam dan manis. Plus mudah membuatnya. Selamat mencoba!




    Demikianlah Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Semoga saja berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Pepes Tongkol Mangga Muda diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Pepes Tongkol Mangga Muda Kiriman dari ?? Erysa Sofia Bachtiar diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Pepes Tongkol Mangga Muda Kiriman dari ?? Erysa Sofia Bachtiar dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2016/04/resep-pepes-tongkol-mangga-muda-kiriman.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.