Resep bihun lontong opor minggu ceria Dari sisca

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep bihun lontong opor minggu ceria Dari sisca
  • Resep bihun lontong opor minggu ceria oleh sisca

    Dibawah ini adalah resep bihun lontong opor minggu ceria. Resep bihun lontong opor minggu ceria yang dishare oleh sisca bisa jadi 10 porsi.



    resep masakan bihun lontong opor minggu ceria


    Resep bihun lontong opor minggu ceria


    Porsi: 10 porsi

    Bahan-bahan

    1. 300 gram Bihun Jagung
    2. 1 kg Lontong
    3. 1 kg Daging Ayam
    4. 500 gram Kentang
    5. 10 biji Bawang Merah
    6. 1 siung Bawang Putih
    7. 1 ruas Jahe
    8. 2 ruas Kunyit
    9. 3 batang Serai
    10. 3 sendok makan bumbu serbaguna
    11. 300 ml Santan Kental
    12. 300 gram Sambal Cabai
    13. 12 butir Kemiri

    Langkah

    1. rebus air, masak bihun jagung 10 menit, tiriskan

    2. masak lontong (kalau menggunakan beras biasa, bukan beras instant, sebaiknya 1 hari sebelum bihun ontong opor di buat terlebih dahulu lontongnya, karena prosesnya lama), atau jika tidak mau repot bisa membeli di pasar atau supermarket terdekat. karena sy di kampung, harus membuat sendiri, dibantu mama, karena rumit.

    3. bersihkan ayam, rebus 15 menit, agar empuk

    4. kupas kentang, rendam dalam air agar tidak hitam, potong-potong, tiriskan, rebus kentang sampai matang

    5. haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, kemudian masukan bumbu serbaguna bu rohaye.jika tidak ada, bisa menggunakan bumbu serbaguna lain.

    6. tumis bumbu halus bersama serai yg telah dikeprek, sampai kekuningan, dan harum. masukan ayam yg telah di rebus, bolak balik 5 menit, masukan santan kental, diamkan selama 5 menit, kemudian tambahkan air 700 ml. masak sampai daging empuk, 20 menit, masukan kentang, masak 10 menit lagi.masukan garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya.

    7. sajikan dengan menata lontong terlebih dahulu di dalam mangkuk, kemudian diatasnya ditaruh bihun jagung, dan disiram dengan opr bersama kuahnya.

    8. tumbuk cabe, bawang merah 1 biji, bawang putih 1 bji, masukan garam dan gula. beri perasan jeruk sambel. untuk pendamping bihun lontong opor

    9. ayam harus terlebih dahulu direbus, dan di buang air kaldunya, karena biar daging empuk dan obat-obat yg terkandung pada ayam keluar, dan terbuang, walaupun tidak 100%, tetapi mengurangi, khusus ayam potong, kami jarang menggunakan kaldu pertamanya, karena kurang sehat, makanan ayam ini tidak alami, selain itu selalu disuntik hormon di pertenakan, sehingga dalam 1 minggu biasanya ayam sudah besar seberat 500gr bahkan 1 kg. mama selalu mengajarkan untuk merebusnya terlebih dahulu dan membuang airnnya, agar tidak mudah terkena alergi.




    Demikianlah Resep bihun lontong opor minggu ceria, Semoga dapat bermanfaat bagi anda.Untuk mendapatkan berbagai resep makanan dan minuman lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep bihun lontong opor minggu ceria diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep bihun lontong opor minggu ceria Dari sisca diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep bihun lontong opor minggu ceria Dari sisca dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2017/03/resep-bihun-lontong-opor-minggu-ceria.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.