Resep Jajanan Pasar Lupis By Dewi Dwi Irawati

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Jajanan Pasar Lupis By Dewi Dwi Irawati
  • Resep Jajanan Pasar Lupis oleh Dewi Dwi Irawati

    Berikut ini adalah resep memasak Jajanan Pasar Lupis. Resep Jajanan Pasar Lupis yang ditulis Dewi Dwi Irawati cukup untuk 15 porsi.



    bahan dan cara membuat Jajanan Pasar Lupis


    Resep Jajanan Pasar Lupis


    Porsi: 15 porsi

    Bahan-bahan

    1. 500 gr Beras Ketan (Rendam Selama 30 Menit)
    2. Sejumput Garam
    3. 1 Biji Kelapa Parut yang Sudah di bersihkan kulitnya
    4. Daun Pisang yang sudah diapi2 biar lemes
    5. bahan Gula Merah :
    6. 200 gr Gula Merah
    7. 100 gr Gula Putih
    8. 1 ikat Daun Pandan

    Langkah

    1. Niat dari hati yang paling dalam, dan jangan lupa siapkan Gas Elpiji tambahan takut2 habis di pertengahan jalan karena merebusnya hampir 4jam

    2. Rendam beras ketan selama 30 menit atau lebih, pokoknya diatas 30 menit biar hasilnya kenyal (ini menurut saya)

    3. Setelah direndam dan dicuci bersih, masukan kedalam daun pisang yang dicetak, untuk cara memasukan beras ketan ke daun pisang silahkan streaming di YouTube, ada yang bentuknya segitiga ada yang panjang. Saya segitiga besar2

    4. Setelah itu rebus diair yang sudah setengah mendidih, tunggu hingga 4 jam kalau air berkurang tambahkan lagi, tunggu hingga benar2 masak.

    5. Sembari menunggu Mateng ketannya mari membuat saus gulanya, rebus gula putih hingga larut lalu masukan gula merah yang sudah diiris2. Engga diiris2 juga gpp tapi waktunya meleleh lebih lama, lalu masukan pandan rebus hingga air gula mengental. Kalau males nunggu masukkan. Satu sendok tepung maizena yang sudah dicairkan lalu masukan ke rebusan gula aduk2 hingga mengental.

    6. Setelah 4 jam dan benar2 matang angkat dan tunggu hingga dingin ya ibu2 biar gak hancur atau engga lengket banget.

    7. Sembari nunggu dingin, kukus kelapa parut dan tambahkan garam sedikit saja aduk-aduk hingga rata. Kukus hingga benar2 matang karena kalau engga Mateng lupis engga bisa bertahan lama Bu karena kelapa pada hakiki ya cepet basi. Saya kukusnya 15 menit hingga kelapa agak kering, hati2 kelamaan bisa jadi cokelat. Rasanya sih gpp tapi jadi engga cantik aja.

    8. Setelah itu buka bungkus lupis lalu naluri lupis dengan kelapa parut, dengan cepat dan jangan buru2 takut tumpah. Kenapa cepat biar kelapa parut engga nggerimbil(bahasa Indonesianya menggumpal)

    9. Setelah dbalut oleh kelapa tambahkan saus gula merahnya.

    10. Jangan lupa bagi2 ke tetangga biar tali silaturahmi semakin lengket

    11. Terimakasih




    Itulah tadi Resep Jajanan Pasar Lupis, Harapan kami berguna untuk pembaca sekalian.Untuk menemukan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami sekitar satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Jajanan Pasar Lupis diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Jajanan Pasar Lupis By Dewi Dwi Irawati diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Jajanan Pasar Lupis By Dewi Dwi Irawati dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2017/07/resep-jajanan-pasar-lupis-by-dewi-dwi.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.