Resep Mie Ayam Jamur

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Mie Ayam Jamur
  • Resep Mie Ayam Jamur oleh RETNO ASIH MB

    Berikut ini resep masakan Mie Ayam Jamur. Resep Mie Ayam Jamur yang dibuat oleh RETNO ASIH MB bisajadi 2 porsi.



    gambar untuk resep Mie Ayam Jamur


    Resep Mie Ayam Jamur


    Porsi: 2 porsi

    Bahan-bahan

    1. 1 bungkus mie telur
    2. 1 ikat sawi (rebus dgn air dan garam)
    3. secukupnya bakso sapi
    4. ? ayam semur:
    5. 250 gram dada ayam (potong dadu)
    6. 2 sdm kecap manis
    7. 3 sdm saus tiram
    8. 8 buah bawang putih (cincang halus)
    9. 1/2 sdt jahe bubuk
    10. 1/2 sdt merica bubuk
    11. 750 ml air
    12. secukupnya jamur merang
    13. ? kuah:
    14. 2 sdt bawang putih bubuk
    15. 1/2 sdt merica bubuk
    16. sedikit kaldu ayam bubuk (optional)
    17. secukupnya garam
    18. secukupnya air
    19. ?pelengkap:
    20. 1 batang daun bawang
    21. secukupnya bawang goreng
    22. sesuai selera sambal

    Cara Membuat

    1. Cuci bersih sawi dan rebus dgn di air mendidih yg sudah ditambah garam. Masak selama 2 menit. Tiriskan. Sisihkan. Setelah itu rebus juga bakso. Sisihkan
    2. Panaskan minyak di wajan/ teflon. Jika sudah panas tumis bawang putih cincang hingga harum, lalu masukkan ayam yg sudah di potong dadu. Tumis hingga ayam berubah warna, lalu masukkan air. Masukkan juga jahe bubuk, merica bubuk, kecap manis dan saus tiram. Aduk hingga rata. Masak hingga ayam berwarna coklat dan air menyusut. Cek rasa, rasa ayamnya manis gurih ya. (garis yg ada di teflon adalah jml air awal yg saya pakai sampe akhirnya menyusut tinggal sebanyak yg di gambar)
    3. Bila air sudah berkurang banyak dan ayam sudah berwarna coklat, pindahkan ayam (ayamnya aja, tanpa kuah) ke mangkuk. Tambahkan air sedikit ke teflon berisi kuah ayam semur tadi, aduk2 hingga rata lalu masukkan jamur yg sudah di cuci bersih. Masak selama 2-3 menit. Jgn kelamaan yaa nanti jamurnya hancur. Jika sudah matang pindahkan jamur (jamurnya aja) ke mangkuk. Kuahnya campurkan ke mangkuk isi ayam yg tadi
    4. Rebus mie di air mendidih selama 2 menit atau sampai kekenyalannya cukup. Tiriskan. Sisihkan. Buat ngetes kenyalnya bisa dicoba dimakan aja yaa biar lebih akurat ??
    5. Kuah: didihkan air, masukkan bawang putih bubuk, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan bakso. Aduk rata dan masak hingga bakso mengapung. Sajikan di mangkuk kecil dengan taburan daun bawang
    6. Tata mie di mangkuk. Bumbui dengan 1 sdm kecap asin dan merica, campurkan hingga merata. Tambahkan sawi, ayam dan jamur di atas mie (kuah ayam semurnya juga diikutin yaa, makin banyak makin yummy). Terakhir taburkan daun bawang. Sajikan dgn kuah dan bakso dan sambal. Mie ayam siap dinikmati ??
    7. Tips: (1) kalo di resep aslinya mba trixie gayatri ayam dan jamur masaknya barengan, tapi saya pilih dipisah karena kalo dicampur nanti jamurnya ngga bisa keliatan stand out cantik gituu hehe. Tapi kalo mau dimasak bareng boleh juga yaa (2) saya masak ayam semur ini nggak nambah garam dan gula sama sekali karena menurut saya udah pas ??(3) mienya saya beli di giant, mie nya basah (tp bukan mie kuning) dan memang khusus buat mie ayam kayanya. Kalo mau diganti bisa pake mie telur yg di pasaran
    8. (4) kuahnya saya masak asal aja sebenernya, cuma buat biar ada kuahnya. Soalnya di solo semua mie ayam pasti ada kuahnya. Karena rasa ayam semurnya udah pekat jadi rasa kuahnya nggak perlu terlalu asin, toh nanti makannya juga dicampur kan. Tapi sesuai selera aja (5) mie ayam ini bisa dimakan pake kuah atau tanpa kuah. Kalo mau tanpa kuah brti kuah ayam semurnya ditambah ya pas penyajian.



    Itulah tadi Resep Mie Ayam Jamur, Semoga anda menyukainya.Untuk menemukan berbagai resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. terdapat hampir satu juta resep yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Mie Ayam Jamur diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Mie Ayam Jamur diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Mie Ayam Jamur dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2017/07/resep-mie-ayam-jamur.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.