Resep Pindang Ikan Bandeng Dari Lindayanti Thang

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Pindang Ikan Bandeng Dari Lindayanti Thang
  • Resep Pindang Ikan Bandeng oleh Lindayanti Thang

    Berikut ini adalah cara membuat Pindang Ikan Bandeng. Resep Pindang Ikan Bandeng yang dibuat oleh Lindayanti Thang cukup untuk .



    resep masakan Pindang Ikan Bandeng


    Resep Pindang Ikan Bandeng


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1 ekor ikan bandeng ukuran besar, siangi dan potong menjadi 6 bagian
    2. 1 butir jeruk nipis
    3. 1 sdm garam
    4. bumbu:
    5. 5 sendok makan kecap manis
    6. 5 butir bawang merah jangan dikupas kulitnya
    7. 5 butir bawang putih jangan lepas kulitnya
    8. 2 ruas jari jahe segar, jangan dikupas kulitnya
    9. 3 ruas jari kunyit segar, jangan dikupas kulitnya
    10. 3 buah cabai merah besar, biarkan utuh
    11. 3 buah cabai hijau besar, biarkan utuh (aku skip lupa beli)
    12. 10-15 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
    13. 3 sendok makan air asam Jawa yang kental (rendam segumpal kecil ukuran bola bekel asam Jawa dengan 50 ml air panas untuk menghasilkan ekstrak kental asam)
    14. 1/2 sendok makan garam
    15. 1 sendok makan gula pasir
    16. 1 1/2 sendok makan gula Jawa disisir
    17. 2 sendok teh kaldu bubuk instan, optional
    18. 1 1/2 liter air

    Langkah

    1. Siapkan ikan bandeng, siangi sisik dan buang isi perutnya. Cuci bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, remas-remas. Diamkan ikan selama 15 menit, kemudian cuci hingga bersih

    2. Masukkan ikan ke dalam panci yang akan kita pakai untuk memasak pindang. Lumuri permukaan dan rongga dalam ikan dengan kecap manis dan 1/2 buah air jeruk nipis hingga rata. Sisihkan

    3. Siapkan kawat panggangan di atas kompor, tata bawang merah, bawang putih, cabai merah besar dan cabai hijau besar, jahe dan kunyit di atas permukaan kawat. Panggang hingga permukaan bumbu terbakar. Jaga jangan sampai hangus dan habis terbakar, terutama bawang merah dan cabai yang mudah sekali matang.

    4. Angkat bumbu, kupas bawang merah, jahe dan kunyit, kemudian keprak dengan ulekan batu atau alat lainnya hingga pipih saja

    5. Siapkan panci lainnya, isi dengan air, semua bumbu bakar dan cabai rawit. Rebus hingga mendidih. Tuangkan air rebusan beserta bumbu ke dalam panci berisi ikan berlumur kecap dan masak hingga mendidih.

    6. Masukkan air asam, gula, garam dan kaldu bubuk, aduk dan masak hingga ikan matang dan kuah sedikit menyusut. Cicipi rasanya sesuaikan gula, garam dan kecap. Pindang terasa asam, asin dan manis.




    Demikianlah tadi Resep Pindang Ikan Bandeng, Semoga saja dapat bermanfaat bagi anda.Untuk menemukan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami sekitar satu juta resep yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Pindang Ikan Bandeng diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Pindang Ikan Bandeng Dari Lindayanti Thang diatas pada kategori resep berikut ini
     

    Anda sedang membaca Resep Pindang Ikan Bandeng Dari Lindayanti Thang dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2017/07/resep-pindang-ikan-bandeng-dari.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.