Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng By Sekar Nyonyah

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng By Sekar Nyonyah
  • Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng oleh Sekar Nyonyah

    Berikut ini adalah resep cara membuat Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng. Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng yang dishare oleh Sekar Nyonyah bisa jadi 3 porsi.



    resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng


    Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng


    Porsi: 3 porsi

    Bahan-bahan

    1. Bahan Nasi liwet:
    2. 450 gr Beras
    3. 3 sdm Minyak sayur
    4. 1 buah Serai
    5. 2 ruas Laos/lengkuas/laja
    6. 3 lembar Daun salam
    7. 3 siung Bawang merah
    8. 3 sdm Teri medan
    9. Garam
    10. Air untuk menanak nasi
    11. Bahan untuk sambal :
    12. 2 sdm Minyak untuk menggoreng
    13. 3 siung Bawang merah
    14. 3 buah Cabe rawit
    15. 7 buah Cabe merah
    16. 1 sdt Kecap
    17. secukupnya Garam
    18. secukupnya Gula
    19. Pelengkap :
    20. 5 buah Jengkol
    21. 4 iris Tempe
    22. 4 buah Tahu

    Langkah

    1. Memarkan lengkuas, daun salam iris, bawang merah dicincang, serai dimemarkan. Lalu panaskan minyak untuk menumis. Dahulukan menumis bawang merah, setelah wangi masukkan lengkuas, daun salam serai. Tumis sampai harum, angkat

    2. Cuci beras, tambahkan 2 sdt garam, masukkan bumbu yang sudah ditumis, masak dengan penanak nasi listrik. Wajan bekas menggoreng, jangan dulu dicuci ya.

    3. Cuci teri medan, rendam sebentar. Teri medan yang saya pakai, tidak asin, jadi pada saat menggoreng saya tambahkan garam kurang lebih setengah sdt. Oseng menggunakan api kecil, sampai berwarna kecokelatan, garing, kriuk-kriuk. Angkat. Lagi-lagi, jangan dulu cuci wajannya ??

    4. Panaskan wajan yang digunakan untuk mengongseng teri medan tadi. Masukkan 3 sdm minyak, lalu masak jengkol yang sudah dicuci, sudah dipotong dua, dan dibelah dua. Ongseng sampai matang, angkat. Again, jangan cuci dulu wajannya he he he.

    5. Sekarang membuat sambal, cabe, bawang diongseng tanpa minyak, gunakan wajan bekas, menggoreng jengkol tadi. Ongseng sampai layu, lalu angkat. Ulek, lalu masukkan garam, 1 sdm kecap manis, tes rasa.

    6. Tahu dan tempe goreng seperti biasa, tambahkan garam saja supaya tidak hambar. Nah ini mau menggoreng dengan wajan baru, oke saja.

    7. Setelah nasi masak, buka penutup penanak nasi untuk mengeluarkan uap, lalu taburi teri medan di atasnya. Nasi liwet siap disantap.




    Demikianlah Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk menemukan resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng By Sekar Nyonyah diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Nasi liwet teri medan dengan jengkol goreng By Sekar Nyonyah dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2017/12/resep-nasi-liwet-teri-medan-dengan.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.