Resep Ayam Goreng Serundeng By aghni_

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ayam Goreng Serundeng By aghni_
  • Resep Ayam Goreng Serundeng oleh aghni_

    Dibawah ini adalah resep cara membuat Ayam Goreng Serundeng. Resep Ayam Goreng Serundeng yang dibuat oleh aghni_ bisa disajikan 5 porsi.



    resep Ayam Goreng Serundeng


    Resep Ayam Goreng Serundeng


    Porsi: 5 porsi

    Bahan-bahan

    1. 500 gram Ayam Potong
    2. 6 siung Bawang Putih
    3. 4 siung Bawang Merah
    4. 1 ruas Kunyit
    5. 1 ruas Jahe
    6. 1 ruas Laja/Lengkuas
    7. 1/2 butir Kelapa Parut (agak muda)
    8. Secukupnya Garam
    9. Secukupnya Gula Pasir
    10. Minyak Goreng
    11. Air
    12. 3 lembar Daun Salam

    Langkah

    1. Potong ayam sesuai selera, cuci bersih, dan tiriskan.

    2. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan lengkuas. (Boleh juga ditambah daun jeruk biar wanginya pas, tapi saya lagi ga punya, jadi ga pake hehe)

    3. Ungkeb ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan air yang agak banyak.

    4. Jika ayam sudah terungkeb dengan merata, matikan api, angkat ayam yang sudah diungkeb utk digoreng kemudian, sisihkan dahulu.

    5. Jangan buang air sisa ungkeb ayam tadi.

    6. Panaskan wajan, kemudian sangrai sebentar kelapa parut yang sudah disiapkan. Beri daun salam utk menambah aroma selama membuat serundeng. Tambahkan air sisa ungkeb ayam tadi ke dalam kelapa, sangrai terus sampai air habis dan bumbu ungkeb meresap ke kelapa.

    7. Proses membuat serundeng kelapa ini cukup lama, sekitar 30-45 menit, terus sangrai kelapa dan jangan didiamkan karena akan membuat gosong sebagian kelapa dan akan pahit.

    8. Sangrai terus kelapa sampai warnanya berubah menjadi coklat keemasan. Jika sudah, angkat dan biarkan serundeng menjadi suhu ruang. Pastikan serundeng sudah dingin (suhu ruang) kemudian simpan di wadah kedap udara. Simpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena panas matahari langsung, serundeng bisa tahan sampai sebulan lebih dan tidak berubah rasa. Pastikan saja wadah selalu tertutup rapat.

    9. Panaskan minyak, goreng ayam sampai berubah warna menjadi coklat meemasan. Angkat dan tiriskan.

    10. Siapkan nasi hangat, tambahkan ayam yang sudah digoreng tadi, kemudian taburi dengan serundeng. Lengkapi sajian dengan lalapan sederhana, selamat menikmati :)




    Itulah tadi Resep Ayam Goreng Serundeng, Mudah-mudahan berguna untuk anda.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami sekitar satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Ayam Goreng Serundeng diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ayam Goreng Serundeng By aghni_ diatas pada kategori resep berikut ini
     

    Anda sedang membaca Resep Ayam Goreng Serundeng By aghni_ dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2018/01/resep-ayam-goreng-serundeng-by-aghni.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.