Resep Tumis cumi super pedas

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Tumis cumi super pedas
  • Resep Tumis cumi super pedas oleh Nina Nurjanah

    Berikut ini resep masakan Tumis cumi super pedas. Resep Tumis cumi super pedas yang ditulis Nina Nurjanah dapat disajikan .



    resep masakan Tumis cumi super pedas


    Resep Tumis cumi super pedas


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1 kg cumi ukuran kecil
    2. I sdm air asam jawa
    3. Garam
    4. 1 buah bawang bombai ukuran kecil, iris melintang tipis
    5. 2 sdm minyak goreng
    6. 6 siung bawang nerah, iris-iris tipis
    7. 5 siung bawang putih, cincang halus
    8. 15 cabe rawit, potong sesuai selera
    9. 2 Batang serai, ambil bagian putih dan memarkan
    10. 3 lembar daun salam
    11. 4 cm lengkuas, memarkan
    12. 1 sdm saus tiram
    13. 1 sdm kecap manis
    14. 1/2 sdm gula Jawa, sisir halus
    15. 1 sdm air asam jawa
    16. 2 buah tomat merah, masing masih belah menjadi 4 bagian

    Cara Membuat

    1. Siaka cumi-cumi, tarik bagian kepala sehingga isi perutnya keluar. Buang insang nya yang berbentuk seperti plastik. Buang kantung tinta cumi dan isi perutnya yang berisi kotoran, jika cumi-cumi mengandung telur jangan buang telurnya.
    2. Buang mulut cumi-cumi yang terletak di ujung kepala bertentakel dengan cara memencetnya dengan ujung jemari tangan hingga keluar. Biarkan kulit cumi yang berwarna keunguan, karena akan membuat warna kuah tumisan menjadi gelap.
    3. Cuci cumi hingga bersih, tiriskan dan masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan 1 sdm air asam Jawa dan 1sdm garam. Remas-remas asam hingga hancur, aduk bersama cumi dan garam. Diamkan selama 20menit. Lalu cuci bersih, tiriskan dan sisihkan cumi.
    4. Siapkan wajan, panaskan 2 sdm minyak. Tumis bawang bombai dan bawang merah hingga harum dan warna nya berubah transfaran. Masukan bawang putih, aduk, tumis hingga harum. Masukkan cabe rawit, sereh, daun salam, lengkuas, dan jahe. Aduk rata dan tumis hingga layu.
    5. Tambahkan kecap manis, saur tiram, gula Jawa, dan air asam Jawa. Aduk, masukkan cumi, masak dengan api kecil hingga cumi mengeluarkan air yang bayak dan kuah mendidih.
    6. Jika cumi sudah empuk dan matang, tandanya cumi berubah menjadi keruh dan tidak mengkilap, serta ketika di cubit cumi akan empuk, lalu masukkan garam dan tomat. Aduk rata, masak hingga tomat mulai sedikit layu. Koreksi rasa, angkat. Sajikan dengan nasi hangat.



    Itulah Resep Tumis cumi super pedas, Harapan kami bermanfaat untuk anda.Untuk menemukan berbagai resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Tumis cumi super pedas diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Tumis cumi super pedas diatas pada kategori resep berikut ini
         

    Anda sedang membaca Resep Tumis cumi super pedas dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2018/03/resep-tumis-cumi-super-pedas.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.