Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol Oleh Syahla Moms cuisine

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol Oleh Syahla Moms cuisine
  • Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol oleh Syahla Moms cuisine

    Inilah cara membuat Mie ayam homemade versi ikan tongkol. Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol yang dishare oleh Syahla Moms cuisine cukup untuk 3 porsi.



    cara membuat Mie ayam homemade versi ikan tongkol


    Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol


    Porsi: 3 porsi

    Bahan-bahan

    1. bahan mie
    2. 300 gr tepung segitiga (lebih bagus protein tinggi ex: cakra kembar)
    3. secukupnya air (saya hanya pake kira kira saja)yang penting jangan sampai lembek
    4. 1/4 sdt garam
    5. 1 sdt minyak
    6. bahan ayam kecap (saya ganti tongkol)
    7. 500 gr tongkol (buang tulang dan cincang kasar)
    8. bumbu halus :
    9. 1 sdm ketumbar
    10. 2 btr kemiri
    11. 1 cm jahe
    12. 3 siung bawang putih
    13. 4 siung bawang merah
    14. sesuai selera merica dan garam
    15. 5 sdm kecap manis(bisa ditambahkan jika kurang)
    16. bahan sambel :
    17. 10 cabe rawit,
    18. 2 siung bawang putih
    19. sedikit garam
    20. sedikit perasa air jeruk nipis /bisa juga jeruk sambal,
    21. bahan tambahan :
    22. 3 ikat sawi hijau
    23. minyak ayam (saya ganti minyak bawang putih),
    24. bahan kuah :
    25. 3 bawang putih, cincang halus
    26. 2 bawang merah cincang halus
    27. daun bawang
    28. daun seledri
    29. bahan pangsit saya ambil sedikit dari adonan mie

    Cara Membuat

    1. Masukkan tepung kedalam wadah, beri garam, minyak dan tambahkan air sedikit sedikit, uleni sampai kalis,, diamkan adonan selama 15 menit, tutup dengan plastik wrap atau serbet,#notes : saya gak pake telur ya,, mie tanpa telur nie,, hehe,,

    2. Setelah didiamkan, uleni sebentar dan ambil sedikit adonan dibulatkan dan gilas dengan rolling pin, agar mudah saat diproses ke gilingan mie, (saya menggunakan gilingan dari besar ke kecil 7-1),jangan lupa ditaburi tepung ya, baik saat menggiling maupun memotongnya,, biar gak lengket mienya,,

    3. Setelah adonan menjadi tipis,, potong dengan khusus untuk pemotong mie,(pasta maker saya, malah bentuk mie nya pipih) waktu beli gak dicek sih,,hihi. Rebus mie, sebentar aja, jangan lupa air rebusan dikasih minyak goreng dikit biar gak saling lengket.

    4. Untuk pangsitnya, saya mengambil sebagian dari adonan mie nya ya? Sama kayak bikin mie, hanya setelah digiling tipis, potong potong kotak, goreng,, renyahnya dijamin tahan lama, karena gak pake telur,, :)

    5. Untuk ayam kecap (tongkol kecap), haluskan bumbu sampai halus, tumis bumbu kemudian tambahkan air sedikit masukkan kecap, masukkan tongkol yang telah di cincang halus, tambahkan air lagi,, kalau kecapnya masih dirasa kurang, tambahkan lagi, masak sampai kuah nya sedikit/hampir mengering,(saya lebih suka yang masih ada kuahnya sedikit hehe)

    6. Untuk kuah : tumis, bawang merah dan bawang putih cincang, tambahkan air (banyak atau dikit tergantung selera ya) bisa ditambahkan garam atau kaldu bubuk. Setelah mendidih masukkan potongan daun bawang dan seledri. Matikan api,, kalau mau dihidangkan tinggal dipanaskan lagi.

    7. Untuk minyak ayam (saya ganti minyak bawang putih, tinggal bawang putih dicincang terus goreng dengan minyak, goreng sampai kuning kecoklatan dan harum, matikan api. Ambil bawang dan minyaknya sekaligus,

    8. Untuk sambel: rebus cabe rawit dan bawang putih, setelah lembut blender dengan ditambahkan air dan garam sedikit, masukkan perasan air jeruk sambel,,

    9. Cara penyajian : tata mie didalam mangkok, masukkan ayam kecap/tongkol kecap, beri minyak bawang, panaskan kuah sampai mendidih, masukkan sawi yang dipotong2, rebus sebentar kedalam kuah, angkat. Dan masukkan kedalam mangkok, masukkan kuah yang masih panas, dan nikmati dengan pangsit goreng dan sambelnya, (tergantung selera ya)

    10. #sekedar tambahan, saat menumis bumbu untuk ayam kecap, bisa ditambahkan rempah butir, seperti cengkeh dan bunga lawang, dan daun salam,, tapi itu tergantung selera ya,, nah, untuk pangsit,, pada saat menggoreng, apinya kecil saja, biar hasil pangsitnya lebih cantik,, (bentolnya kecil kecil). :)




    Demikianlah Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol, Semoga berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol Oleh Syahla Moms cuisine diatas pada kategori resep berikut ini
         

    Anda sedang membaca Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol Oleh Syahla Moms cuisine dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2018/04/resep-mie-ayam-homemade-versi-ikan.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.