Resep Kuah Tahu Bakso Ayam

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Kuah Tahu Bakso Ayam
  • Resep Kuah Tahu Bakso Ayam oleh Melany Tanko

    Inilah resep memasak Kuah Tahu Bakso Ayam. Resep Kuah Tahu Bakso Ayam yang dishare oleh Melany Tanko bisa disajikan 4 -5 porsi.



    gambar untuk cara membuat Kuah Tahu Bakso Ayam


    Resep Kuah Tahu Bakso Ayam


    Porsi: 4 -5 porsi

    Bahan-bahan

    1. 250 gr daging ayam, dicincang
    2. 8 buah tahu kotak putih, belah serong (bentuk segitiga)
    3. 5 buah kentang sedang, potong dadu
    4. 5 batang daun bawang, iris tipis
    5. 3 sdm tepung terigu
    6. 2 sdm tepung tapioka
    7. 10 siung bawang putih, diulek, dibagi 2 (untuk adonan bakso dan untuk kuah bakso)
    8. 4 siung bawang merah, diulek
    9. Secukupnya lada
    10. Secukupnya bumbu kaldu (saya pake royco)
    11. 1 sdm kecap ikan
    12. 1,5 liter air (kuah bakso)
    13. 1 buah wortel, diparut
    14. 2 sdm gula pasir
    15. Secukupnya minyak goreng
    16. Secukupnya garam
    17. Secukupnya bawang goreng (optional)
    18. 1 lembar daun pisang

    Cara Membuat

    1. Adonan bakso: Campurkan ayam cincang, wortel parut, bawang putih, tepung terigu, tapioka, gula, secukupnya lada, secukupnya bumbu kaldu, secukupnya garam, hingga merata lalu diamkan.
    2. Cuci bersih tahu yang telah dipotong bentuk segitiga, lalu goreng hingga kecoklatan. (Digoreng dalam api sedang dan minyak agak banyak). Angkat dan tiriskan. Dinginkan sebentar lalu belah sedikit tahu, korek dan keluarkan sedikit tahu. Campurkan tahu yg telah dikeluarkan ke dalama adonan bakso.
    3. Masukan kira-kira 1/2 sdm adonan bakso ke dalam tahu yg sudah dikorek. Lakukan hingga semua tahu terisi dgn adonan bakso. Bentuk bulat adonan bakso yg tersisa.
    4. Kukus semua tahu bakso dan bakso bulat dgn api sedang hingga matang, kurang lebih 20-30 menit. Jangan lupa dialas dgn daun pisang yg sudah dicuci bersih.
    5. Kuah bakso: didihkan air bersama kentang, bawang putih dan bawang merah. Jika sudah mendidih dan kentang matang, masukan tahu bakso, bakso bulat, kecap ikan, daun bawang, secukupnya lada, secukupnya garam, secukupnya bumbu kaldu, diaduk rata, cek rasa sesuai selera, masak sebentar dalam api sedang. Cek rasa lagi. Jika sudah sesuai selera matikan api dan kuah bakso siap dihidangkan. Taburi dgn bawang goreng (optional).
    6. Note: tahu bakso dan bakso bulat bisa juga digoreng setelah dikukus. Digoreng sebentar saja jgn sampai gosong. Gorengan tahu bakso bisa dihidangkan bersama saos sambal atau saos kacang. Selamat mencoba. ??



    Demikianlah tadi Resep Kuah Tahu Bakso Ayam, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk menemukan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. koleksi kami sekitar satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Kuah Tahu Bakso Ayam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Kuah Tahu Bakso Ayam diatas pada kategori resep berikut ini
       

    Anda sedang membaca Resep Kuah Tahu Bakso Ayam dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2018/11/resep-kuah-tahu-bakso-ayam.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.