Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad
  • Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad oleh Septiani N. Effendi

    Berikut ini cara membuat Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad. Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad yang dishare oleh Septiani N. Effendi cukup untuk 2 porsi.



    gambar untuk cara membuat Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad


    Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad


    Porsi: 2 porsi

    Bahan-bahan

    1. Bahan ayam geprek:
    2. 2 potong ayam bagian paha atas/dada
    3. Sejumput garam
    4. Sejumput merica
    5. 1 sdm Kecap ikan
    6. 1/2 sdm minyak wijen
    7. 1/2 buah air perasan jeruk lemon
    8. Tepung bumbu siap pakai (Saya pakai yang super crispy dari Kobe)
    9. Minyak untuk menggoreng
    10. Bahan sambal teri petai:
    11. 50 gram ikan teri besar (optional terinya)
    12. 1 papan petai ukuran besar
    13. 5 siung bawang merah
    14. 3 siung bawang putih
    15. 7 buah cabai rawit
    16. 1 buah cabai merah
    17. 1 buah tomat
    18. 1/2 sdt garam
    19. 1/2 sdt gula pasir
    20. Minyak untuk menggoreng
    21. 1 sdm minyak untuk menumis
    22. Bahan salad lettuce:
    23. 1 bonggol lettuce segar
    24. 1/2 buah air perasan jeruk lemon
    25. Sejumput garam

    Cara Membuat

    1. Cuci bersih paha ayam, lalu sisit dagingnya untuk memisahkan dari tulangnya. Kemudian pukul-pukul daging menggunakan palu khusus daging atau kalau tidak ada gunakan garpu dengan cara ditusuk-tusuk dan dipencet-pencet secara bergantian.
    2. Lumuri ayam dengan garam dan merica terlebih dahulu hingga merata, kemudian siram ayam dengan air perasan jeruk lemon, kecap ikan dan minyak wijen.
    3. Simpan ayam dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama 30 menit atau dikeluarkan ketika hendak dimasak.
    4. Larutkan 3 sdm tepung siap pakai (kobe super crispy) dengan 4 sdm air, hingga mengental (jika dirasa belum mengental air boleh ditambah lagi 1 sdm.) Sementara itu di wadah terpisah siapkan juga 5 sdm tepung siap pakai tersebut untuk membaluri ayam. Celupkan ayam yang telah di-marinade tadi ke dalam tepung basah sebentar dan balurkan ke dalam tepung kering hingga merata.
    5. Panaskan minyak dalam api sedang lalu kecilkan sesaat sebelum memasukan ayam (saat minyak sudah panas), goreng hingga berwarna kecokelatan dan ayamnya matang.
    6. Setelah itu siapkan bahan untuk membuat sambal teri petai. Potong-potong petai sesuai selera. Cuci bersih lalu ulek kasar bahan sambal (cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan tomat).
    7. Rendam ikan teri dalam air hangat sesaat sebelum digoreng untuk menghilangkan sedikit kadar garamnya. Dan goreng teri hingga berubah warna menjadi kecokelatan serta mengering.
    8. Tumis petai hingga harum kemudian masukan bumbu sambal ulek tadi tambahkan garam, gula baru masukan teri yang telah digoreng tadi. Aduk hingga merata dan koreksi rasa.
    9. Jika sudah pas, geprek/penyet/hancurkan ayam lalu ratakan sambal di atasnya.
    10. Salad lettuce: (Ini hanya opsional saja, di-skip juga boleh) Cuci bersih dan potong-potong daun lettuce sesuai selera, beri sejumput garam dan air perasan jeruk lemon lalu aduk rata.
    11. TIPS: 1. Bolehkah menggunakan bagian ayam lainnya selain paha atas? Boleh, saya punya alasan tersendiri kenapa menggunakan paha atas. Bagian ini memiliki kadar lemak yang cukup tinggi sehingga ayam akan terasa lebih chewy dan empuk dibanding bagian lainnya. Saya menghindari ayam yang terlalu kering saat matang karena khawatir saat digeprek malah hancur (bubuk) beda dengan bagian paha atas yang saat digeprek masih akan saling menempel seratnya berkat lemak tersebut.



    Itulah Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad, Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami lebih dari satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Ayam Geprek Sambal Teri Petai + Simple Lettuce Salad dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2019/01/resep-ayam-geprek-sambal-teri-petai.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.