Resep Nasi kuning tumpeng Dari Neni Fatriani

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Nasi kuning tumpeng Dari Neni Fatriani
  • Resep Nasi kuning tumpeng oleh Neni Fatriani

    Dibawah ini adalah resep Nasi kuning tumpeng. Resep Nasi kuning tumpeng yang dibuat oleh Neni Fatriani dapat disajikan .



    gambar untuk resep makanan Nasi kuning tumpeng


    Resep Nasi kuning tumpeng


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1 liter beras (yg pulen)
    2. 900 ml santan cair (dari 1/2 butir kelapa)
    3. 3 batang sereh (ambil bagian putih)
    4. 5 lembar daun jeruk
    5. 2 lembar daun salam
    6. 2 sdm garam
    7. 1/2 bagian jeruk nipis
    8. 2 batang kunyit (parut)

    Langkah

    1. Cuci bersih beras. Parut kunyit, tambahkan 3 sdm air, lalu saring.

    2. Masak beras bersama santan + air parutan kunyit. Masukkan semua bahan yg lain. Masak hingga airnya sat, dan nasi kira-kira setengah matang.

    3. Angkat, diamkan sekitar 10 menit.

    4. Panaskan dandang, kukus nasi hingga matang, sekitar 20 menit. Angkat.

    5. Masukkan ke dalam cetakan tumpeng (yg sudah dioleskan dgn minyak goreng), sambil dipadatkan, tekan-tekan. Sampai cetakan penuh.

    6. Letakkan nasi kuning tumpeng yg sudah dicetak ke wadah tampah. Tata lauk pauk yang sudah disiapkan (sesuai selera), dan diberi hiasan seperlunya.

    7. Catatan: bila menggunakan beras yang tdk pulen, bisa ditambahkan beras ketan, dgn perbandingan 1 liter beras : 100 gram ketan. Oiya, beras ketan harus direndam dulu sekitar 2 jam. Banyaknya santan (air) untuk memasak nasi, bisa diukur sekitar 1 ruas jari dari atas permukaan beras yang dimasak. Dan untuk rasa, bisa ditambahkan kaldu ayam, dan rasa tumpengnya menjadi gurih (sesuai selera). Untuk kunyit, bisa diganti dengan kunyit bubuk instan.




    Demikianlah tadi Resep Nasi kuning tumpeng, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk mencari resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Nasi kuning tumpeng diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Nasi kuning tumpeng Dari Neni Fatriani diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Nasi kuning tumpeng Dari Neni Fatriani dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2019/04/resep-nasi-kuning-tumpeng-dari-neni.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.