Resep Martabak Manis Ketan Hitam Karya Nia Jeffri

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Martabak Manis Ketan Hitam Karya Nia Jeffri
  • Resep Martabak Manis Ketan Hitam oleh Nia Jeffri

    Berikut ini cara membuat Martabak Manis Ketan Hitam. Resep Martabak Manis Ketan Hitam yang ditulis Nia Jeffri bisa disajikan .



    gambar untuk resep Martabak Manis Ketan Hitam


    Resep Martabak Manis Ketan Hitam


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. Bahan Martabak:
    2. 125 gr Tepung Segitiga
    3. 1 sdm susu bubuk
    4. Secukupnya garam
    5. 150 ml Air
    6. 1/4 sdt Ragi instan
    7. 1/4 sdt Vanili
    8. 1 butir telur ayam (ukuran besar)
    9. 1 sdm gula pasir (munjung)
    10. 1/4 sdt Soda Kue
    11. 2 sdm Minyak kelapa
    12. Pengolahan Ketan Hitam:
    13. 125 g Beras Ketan Hitam
    14. 1/4 sdt garam
    15. Air
    16. 2 lembar daun pandan

    Langkah

    1. Untuk beras ketan hitam harus terlebih dahulu direndam selama 3 jam atau lebih. Setelah itu kukus ketan hitam selama 30 menit. Setelah dikukus, masak kukusan ketan hitam dengan campuran air, garam dan daun pandan. Masak kira2 30 menit, tambahkan air jika dirasa kurang. Setelah masak cek kematangan dan keempukan ketan. Jika sudah empuk bisa langsung digunakan. Namun jika belum empuk, harus dikukus kembali setelah dimasak.

    2. Campur terigu, susu bubuk, baking powder dan gula pasir halus, vanili bubuk dan garam. Aduk rata.

    3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk

    4. Masukkan ragi instan, aduk rata. Diamkan selama 30 menit atau lebih.

    5. Setelah 30 menit, kocok lepas telur dan gula pasir kemudian tuang ke adonan tepung terigu sambil diaduk menggunakan whisk.

    6. Masukkan soda kue dan minyak kelapa aduk rata menggunakan whisk.

    7. Panaskan teflon. Tunggu sampai panas karena akan mempengaruhi tingkat kematangan martabak. Cek dg menaburkan gula pasir beberapa butir, jika langsung meleleh maka teflon sudah siap dituang. Tuangkan adonan ke teflon langsung tutup dan jika sudah setengah matang dan berlubang taburkan gula pasir dan tutup kembali. Catatan : masak dengan menggunakan api kecil

    8. Jika sudah hampir matang, oleskan mentega kemudian letakkan ketan hitam secara merata. Tutup kembali sampai matang dan angkat. Tuangkan susu kental manis kemudian potong sesuai selera ??

    9. Hemmmm ??????????




    Itulah Resep Martabak Manis Ketan Hitam, Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.Untuk menemukan resep yang yang lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat sekitar satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Martabak Manis Ketan Hitam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Martabak Manis Ketan Hitam Karya Nia Jeffri diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Martabak Manis Ketan Hitam Karya Nia Jeffri dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2019/07/resep-martabak-manis-ketan-hitam-karya.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.