Resep Nasi Kuning - Dewi Artika

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Nasi Kuning - Dewi Artika
  • Resep Nasi Kuning oleh Dewi Artika

    Berikut ini adalah resep Nasi Kuning. Resep Nasi Kuning yang dishare oleh Dewi Artika bisa menjadi 8-10 porsi.



    resep Nasi Kuning


    Resep Nasi Kuning


    Porsi: 8-10 porsi

    Bahan-bahan

    1. 1 liter Beras
    2. 4-5 ruas Jari Kunyit
    3. 1 batang Sereh
    4. 3 lembar daun salam
    5. 2 sdm Garam
    6. 1 bks Santan cair (kara)
    7. Tempe Orek :
    8. 2 lonjor tempe
    9. 1 Ons Kacang Tanah
    10. 3 buah cabe rawit hijau
    11. 2 siung Bawang merah
    12. 1 siung bawang putih
    13. 1 sachet Kecap Manis (Bango)
    14. Secukupnya Gula pasir
    15. Secukupnya Penyedap rasa
    16. 1 cm Lengkuas
    17. 1 Lembar Daun Salam
    18. Secukupnya nya Minyak Goreng
    19. Irisan Telur :
    20. 3 Butir Telur
    21. 1 sdt Garam
    22. Saus Kacang :
    23. Secukupnya Kacang Goreng
    24. 2 buah Cabe rawit hijau
    25. 1 siung bawang merah
    26. 1 siung bawang putih
    27. Secukupnya garam
    28. Secukupnya gula pasir
    29. Secukupnya Penyedap rasa
    30. Secukupnya air panas

    Langkah

    1. Parut kunyit yang sudah dicuci bersih, peras airnya lalu tambahkan air sebanyak untuk memasak nasi.Cuci beras sampai bersih, lalu masukan ke panci rice cooker/magic com bersama air yang sudah di tambahkan perasan kunyit, garam, dan santan, sereh juga daun salam.

    2. Sementara sedang memasak nasi, sekarang potong tempe dengan bentuk korek api, kupas Bawang merah, Bawang putih dan cabe rawit hijau, lalu iris, tambahkan sedikit garam dan gula. Lalu panaskan minyak untuk menggoreng Tempe.

    3. Setelah Tempe sudah semua nya digoreng, masukan bumbu untuk Tempe Orek, tambahkan daun salam dan lengkuas, tumis sampai harum, kemudian masukan Tempe yang sudah digoreng, aduk rata lalu tuangkan kecap manis dan sedikit gula, aduk kembali sampai Kecap meresap kedalam Tempe. Diamkan hingga 5-10 menit, lalu cicipi, kalau sudah sesuai selera, angkat dan masukan ke dalam mangkuk/piring.

    4. Untuk membuat Telur dadarnya, masukan 3 butir telur kedalam satu mangkuk, tambahkan sedikit garam lalu kocok sampai nya kuningnya pecah. Panaskan sedikit minyak dengan api kecil, lalu goreng telur menjadi 3-4 kali goreng. Sisihkan di piring dan diamkan sampai agak adem untuk bisa dipotong.

    5. Terakhir goreng Kacang tanah sampai matang tapi tidak gosong yaa, dengan api kecil, setelah berubah warna menjadi gelap Langsung angkat dan letakan di piring kecil, kemudian goreng cabe, bawang merah dan bawang putih, setelah itu goreng cabe merah uang di iris untuk taburan di atas nasi.

    6. Ulek halus kacang goreng, sisakan untuk taburan diatas nasi. Kalau sudah halus, pisahkan kedalam mangkuk, lalu ulek cabe dkk yang sudah digoreng, tambahkan garam dan gula juga sedikit Penyedap rasa. Setelah itu masukan kedalam mangkuk yang berisi Kacang halus,lalu tambahkan air panas, sedikit demi sedikit agar tidak ke'enceran.

    7. Semua nya sudah selesai satu persatu, kita lihat nasi sudah matang, aduk sebentar lalu angkat dan sajikan di piring bersama teman lauk yang Lain. Selamat mencoba,,




    Demikianlah Resep Nasi Kuning, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk mencari berbagai resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami hampir satu juta resep yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Nasi Kuning diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Nasi Kuning - Dewi Artika diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Nasi Kuning - Dewi Artika dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2019/08/resep-nasi-kuning-dewi-artika.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.