Resep Lemper Ayam

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Lemper Ayam
  • Resep Lemper Ayam oleh Afifah Zabarij Musta'fifah

    Inilah resep masakan Lemper Ayam. Resep Lemper Ayam yang dibuat oleh Afifah Zabarij Musta'fifah dapat disajikan 20 potong.



    gambar untuk resep Lemper Ayam


    Resep Lemper Ayam


    Porsi: 20 potong

    Bahan-bahan

    1. Bahan Ketan
    2. 500 gr Beras Ketan Putih rendam 3 - 5 jam
    3. 300 ml Santan (dari perahan pertama dan kedua)
    4. 4 lbr daun pandan
    5. secukupnya Garam
    6. Bahan Abon
    7. 300 gr Daging Ayam, (kukus, suwir)
    8. 5 btr Bawang Merah (cincang)
    9. 3 btr Bawang Putih (cincang)
    10. 2 btg Sere (memarkan)
    11. 2 sdt Garam
    12. 4 lbr Daun Jeruk
    13. 2 sdm Gula Pasir
    14. 250 ml Air (boleh santan)
    15. Kaldu dari ayam kukus
    16. Minyak untuk menumis

    Cara Membuat

    1. Cuci bersih beras ketan putih, rendam dengan air 3 - 5 jam, bilas dan tiriskan. Didihkan air dalam dandang pengukus, kukus ketan sampai setengah matang sekitar 15 menit.
    2. Didihkan santan, garam dan 2 lbr daun pandan, matikan api. Aduk santan mendidih dan ketan yang masih panas sampai semua santan terserap. Jika dirasa kurang lembut boleh ditambahkan air mendidih secukupnya.
    3. Didihkan air dan 2 lbr daun pandan dalam dandang pengukus, kukus ketan yang sudah dicampur santan sampai matang sekitar 15 - 20 menit. Ketan siap dibentuk dan diisi abon, lakukan cepat selagi panas agar mudah dibentuk. (Biarkan ketan tetap di dandang supaya panasnya bertahan lama).
    4. Abon Ayam : Panaskan dandang pengukus, letakkan ayam dalam wadah tahan panas, kukus sampai matang. Angkat ayam dan suwir memanjang. Di wadah akan tersisa kaldu dari ayam jangan dibuang, akan digunakan untuk membuat abon.
    5. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, sere dan daun jeruk sampai harum. Masukkan suwiran ayam dan kaldu, masak sampai kering. Tambahkan air/santan, masak sampai hampir kering, bumbui gula garam, masak sampai air terserap habis, tes rasanya, matikan api dan biarkan dingin.
    6. Penyelesaian: Ambil 2 sdm ketan, pipihkan di tangan, isi dengan abon, padatkan bentuk lonjong. Bungkus dengan daun. Jika akan dikukus atau dibakar lagi bungkus menyerupai lontong dan semat dengan lidi.
    7. Lemper bisa disimpan selama 3 hari di kulkas. Setelah dibungkus daun, tunggu sampai dingin suhu ruang, simpan dalam wadah tertutup masukkan kulkas. Sebelum dihidangkan dikukus dulu, atau dipanggang dengan panggangan/teflon. Sebelum dipanggang dioles minyak goreng tipis-tipis.



    Itulah Resep Lemper Ayam, Mudah-mudahan berguna untuk anda.Untuk mendapatkan resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat hampir satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Lemper Ayam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Lemper Ayam diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Lemper Ayam dengan alamat Url: https://nahzila.blogspot.com/2016/06/resep-lemper-ayam.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.